Upaya Guru Mengatasi Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah 6 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017
Abstract
ABSTRAK
Rusmini, 2017.Upaya Guru Mengatasi Sosial Emosional Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah 6 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017.Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Falkutas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Madrasah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh ibu Siti Julaiha, S.Ag. M.Pd sebagai pebimbing I dan bapak Abdul Razak. M.Pd sebagai pebimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi adalah untuk mengetahui kondisi sosial emosional pada anak TK Darul Falah dalam memberikan pembelajaran dan mengoptimalkan perkembangan serta pencapaian aspek sosiol emosional anak usia dini pada saat pertama kali masuk sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini Taman Kanak-kanak Darul Falah 6 Samarinda.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi langsung dan wawancara pada guru kelas dan orang tua murid. Data hasil penelitian menggunakan data kualitatif. Sikap dan perilaku sosial emosional anak awal masuk sekolah.
Hasil penelitian ini mendreskripsikan upaya guru dalm mengatasi social emosional anak