Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Kata Di TK Islam Darul Falah 5 Palaran Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Hindun Partiningsih, 2017. “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Kata Di TK Islam Darul Falah 5 Palaran Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Bapak Dr. Darwis, M.Si dan Ibu Siti Nor Asiah, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan mengenal huruf dianggap sangat penting dalam setiap pembelajaran, menunjukkan bahwa rendah kemampuan terhadap pembelajaran yang berlangsung disebabkan karena media dan metode yang digunakan masih kurang tepat atau tidak menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran tidak bervariasi dan menarik, anak merasa bosan dan jenuh dalam belajar. Salah satu media dan metode tersebut adalah metode bermain kartu kata. Cara menyajikan materi pelajaran dengan cara bermain kartu kata dimana guru memberikan contoh menyusun kartu kata dengan benar. Metode ini telah diterapkan di sekolah TK Islam Darul Falah 5 Palaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui permainan kartu kata.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) lokasi penelitian di TK Islam Darul Falah 5 Palaran beralamat di Jl, Cempaka Rt. 38 Kelurahan Rawa Makmur. Subyek penelitian adalah siswa TK Islam Darul Falah 5 Palaran yang berjumlah 21 anak, terdiri dari 7 anak perempuan dan 14 anak laki-laki, subyek penelitian ini dilihat dari kemampuannya, yakni sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Pada setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), Pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing), refleksi (reflecting). Penelitian bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas, metode pengumpulan data meningkatkan kemampuan mengenal huruf dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf melalui alat permainan edukatif bentuk kartu kata. Sebelum dilakukan tindakan mencapai 25%, masuk kategori berkembang sangat baik (BSB) dalam menyebutkan huruf, setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan permainan kartu kata, kemampuan anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 49% masuk kategori berkembang sangat baik dalam menyebutkan huruf dan siklus II 68% masuk kategori berkembang sangat baik dalam menyebutkan huruf. Kesimpulan penelitian ini adalah alat permainan edukatif bentuk kartu kata dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di TK Islam Darul Falah 5 Palaran.