dc.description.abstract | ABSTRAK
Rosita. 2017"Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Permainan Mencari Jejak Pada Kelompok B TK As’Sadiah Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017".Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyahdan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Zamroni. M. Pd selaku pembimbing I dan Ibu Nurwati, S. Ag, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini didasari dari rendahnya kemampuan kognitif anak di Kelompok Bermain TK As’Sadiah Samarinda, Dari semua jumlah anak hanya 38% yang kemampuan kognitifnya berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui permainan mencari jejak pada anak kelompok B TK As’sadiahSamarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus yang berulang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap sikluster diri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK As’ sadiah Samarinda yang berjumlah 12 anak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan mencari jejak. Rata-rata nilai kemampuan kognitif anak pada prasiklus yang awalnya hanya 38% menjadi 53% padasiklus I dan bertambah menjadi 64% padasiklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan mencari jejak dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di TK As’sadiah Samarinda Tahun pelajaran 2016/2017 | en_US |