Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Ihsan Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ria Yuliani NIM: 13.1101.0111, Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Ihsan Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Zurqoni, M. Ag selaku Pembimbing I dan Lina Revilla Malik, M. Si selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Ihsan Samarinda, bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran konvensional tanpa adanya pengembangan menyebabkan pembelajaran cenderung monoton dan kurang menarik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) haruslah dirancang semenarik mungkin dengan memperhatikan beberapa variasi pembelajaran agar pembelajaran tidak terkesan monoton. Strategi pembelajaran aktif perlu dilakukan untuk mengubah suasana pembelajaran yang bersifat monoton menjadi pembelajaran yang aktif. Strategi pembelajaran merupakan perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran aktif pada bidang studi Al-Qur’an Hadits, hasil belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadits dan pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Ihsan Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa di MTs Darul Ihsan Samarinda yang berjumlah 519 siswa. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini ialah kelas VIII yang berjumlah 154 siswa yang selanjutnya dengan beberapa pertimbangan diperoleh 76 siswa sebagai subyek penelitian yaitu kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan rumus pearson product moment.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif (active learning) bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Ihsan Samarinda berlangsung baik dengan rata-rata sebesar 87,42. Kemudian hasil belajar yang dicapai siswa termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata yang diperoleh sebesar 85,31. Analisis data menunjukkan bahwa hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,607. Angka tersebut berada dalam interval nilai 0,60 s/d 0,799. Berdasarkan angka interpretasi, maka angka tersebut terdapat korelasi yang kuat. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel yaitu 6,569 > 1,992 melalui perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif ( ) diterima yaitu, “Strategi pembelajaran aktif (active learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTs Darul Ihsan Samarinda”.