dc.description.abstract | ABSTRAK
Nihayatul Khasanah, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) dalam Pembelajaran PAI Kelas X di SMA Negeri 6 Samarinda, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbingan oleh Dr. Suratman, M.Pd sebagai pembimbing I dan Siti Julaiha, S,Ag., M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang terangkatnya penulisan skripsi ini adalah dengan berbagai macam dan jenis model pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif, salahsatunya adalah model pembelajaran PAIKEM. SMA Negeri 6 Samarinda merupakan sekolah yang bukan bercorak khusus agama dan dari latar belakang sekolah siswa yang berbeda, serta jumlah siswa cukup banyak sehingga membuat guru dalam penyampaikan materi pembelajaran kurang efektif. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran PAIKEM dalam pembelajaran PAI kelas X, serta mengetahui sejauh mana penerapannya dalam proses pembelajaran PAI berlangsung.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data-data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari sumber data yaitu guru PAI kelas X, siswa kelas X, dan kepala Tata Usaha SMA Negeri 6 Samarinda yang secara langsung dengan pengamatan peneliti.
Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran PAIKEM dalam pembelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 6 Samarinda sudah berlangsung. Guru PAI merencanakan pelaksanaan pembelajaran yang dimuat dalam RPP, melaksanakan langkah-langkah dalam penerapan model pembelajaran PAIKEM, dan menyiapkan bahan atau materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan berbagai macam metode. Selain itu guru PAI juga melakukan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif, guru PAI berinovasi dalam mempersiapkan media pembelajaran, kreativitas siswa terasah, pembelajaran PAI menjadi lebih efektif, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. | en_US |