Penggunaan Metode Sam’iyah Syafawiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Siswa MA Darul Ihsan Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Pradita Vinanty, 2017. “Penggunaan Metode Sam’iyah Syafawiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Siswa MA Darul Ihsan Samarinda”. Penelitian ini dibawah bimbingan Dr.H. Fachrul Ghazi, LC. MA (Pembimbing I) dan H. Muhammad Yamin, LC. MA (Pembimbing II).
Latar belakang dari penelitian ini adalah kesulitan siswa MA Darul Ihsan Samarinda berbicara menggunakan Bahasa Arab. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, guru bahasa Arab di MA Darul Ihsan menggunakan metode sam’iyah syafawiyah pada proses pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui “Penggunaan Metode Sam’iyah Syafawiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Siswa MA Darul Ihsan Samarinda”.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II IPA I MA Darul Ihsan yang berjumlah 27 siswa. Sehubungan dengan penelitian ini, maka teknik pengambilan sampel yakni Purposive Sampling yakni 10 siswa terdiri dari 5 laki-laki dan 5 perempuan. Adapun teknik pengambilan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknis data menggunakan rumus Mean.
M= (∑fχ)/N
Dan hasil dari penelitian ini yaitu Penggunan Metode Sam’iyah Syafawiyah untuk Meningkatkan Kemampuan Kalam Siswa MA Darul Ihsan Samarinda dengan melihat hasil dari observasi kegiatan pembelajaran, observasi aktivitas siswa dalam KBM, dan tes kalam pada siklus I jumlah rata-rata keseluruhan adalah 79,25% dan pada siklus II jumlah rata-rata keseluruhan adalah 85,33%. Dimana pada siklus I ke siklus II memiliki peningkatan 12,16%. Dan ini berarti bahwa dengan penggunaan metode sam’iyah syafawiyah dalam proses pembelajaran bahasa Arab, dapat meningkatkan kemampuan kalam siswa MA Darul Ihsan Samarinda.