Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggambar Bentuk Geometri Kelompok A Raudlatul Athfal NU 002 Kelurahan Sindang Sari
Abstract
ABSTRAK
Henny Miranti Yunus, 2017. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggambar Bentuk Geometri Kelompok A Raudlatul Athfal NU 002 Kelurahan Sindang Sari”. Penelitian ini dibimbing oleh Prof.Dr.Hj. Siti Muriah dan Siti Nasiah M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi adanya pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terhadap anak didik di Kelompok A Raudlatul Athfal Ma’arif NU 002 Kelurahan Sindang Sari yang memiliki kendala dalam perkembangan motorik halusnya dan memerlukan penanganan yang lebih baik lagi agar perkembangan motorik halus anak dapat berkembang optimal sesuai masanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar bentuk geometri pada anak kelompok A Raudlatul Athfal Ma’arif NU 002 Kelurahan Sindang Sari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah 13 anak, yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menggambar bentuk geometri dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A Raudlatul Athfal Ma’arif NU 002 Kelurahan Sindang Sari.Peningkatan motorik halus anak dapat dilihat pada hasil penelitian pratindakan diperoleh 20,51%. Pada siklus I diperoleh hasil yaitu 46,15%, pada siklus II diperoleh hasil yaitu 56,40%, dan pada siklus III diperoleh hasil yaitu 87,17%. Penelitian dihentikan pada siklus III karena pada siklus ini hasil yang dicapai telah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yaitu minimal 80%.Pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan menggambar bentuk geometri, meliputi:(1) menyiapkan kertas materi (HVS) berwarna dan pola gambar yang lebih menarik lagi. (2) memperjelas tahapan/langkah dalam mempraktekkan teknik penggunaan pensil yang benar dan menebalkan garis pola geometri dengan cara menempel kertas materi yang lebih besar di papan tulis. (3) memotivasi anak untuk bisa menyelesaikan sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain baik guru maupun teman.
Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Menggambar, Bentuk Geometri