dc.description.abstract | ABSTRAK
Diana. 2017. Meningkatkan kemampuan berwudhu dengan metode demonstrasi pada murid kelas B.1TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kec. Muara Badak. Skripsi, Prodi PGRA Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK).Institut Agama Islam Negeri Samarinda.Pembimbing Dr. Syeh. Hawib Hamzah, S.Ag, M.PdI dan Luluk Humairoh, M.Pd.
Meningkatkan kemampuan berwudhu murid-murid TK merupakan ruang lingkup pembelajaran di TK Aisyiyah Bustanul Atfal Muara Badak, dengan harapan murid-murid TK mampu memahami cara berwudhu yang baik dan benar. Berdasarkan pengamatan penulis selama proses penelitian, lemahnya peningkatan prestasi belajar murid-murid sebagian besar disebabkan oleh tenaga pengajar yang kurang mampu mengembangkan keterampilan mengajar yang dapat menarik minat belajar murid-murid. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti melaksanakan Penelitian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Muara Badak Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017.Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengeetahui (1).metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan berwudhu kelas B,1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kec. Muara Badak. (2) peningkatan kemampuan berwudhu dengan menggunakan metode demontrasi kelas B,1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kec. Muara Badak
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi.Peneliti mengambil setting penelitian di TK Aisyiyah Bustanul Atfal (ABA) Muara Badak yang melibatkan 15 Murid Kelas B.1 Peneliti menggunakan 3 langkah pada penelitian ini yakni: Pre siklus, siklus 1, siklus 2. Selain itu peneliti mengumpulkan data dengan observasi dan dokumentasi.
Hasil penenlitian menunjukkan bahwa pertama, Penggunaan Metode Demontrasi mampu meningkatkan kemampuan berwudhu Kelas B.1 TK Aisyiyah Bustanul Athfal Muara Badak.mampu mencapai BSB sebanyak 14 orangn siswa (93%), BSH sebanyak 1 orang siswa (7%). dengan nilai rata – rata kelas 93. Kedua,Peningkatan kemampuan berwudhu dengan menggunakan metode demonstrasi dapat dilihat pada data berikut bahwa kemampuan berwudhu tahap prestes yang mencapai MB ada 2 orang siswa (14%), BSH ada 12 orang siswa (79%), BSB ada 1 orang siswa (7%). Pada siklus 1 BSH mengalami kenaikan menjadi 9 orang siswa (58%), BSB mengalami kenaikan 6 orang siswa (42%) dan pada siklus 2 BSH menjadi 1 orang (7%) , BSB mengalami kenaikan 14 orang siswa (93%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan berwudhu siswa TK Aisyiyah Bustanul Athfal Muara Badak Semester 1 (satu) Tahun Ajaran 2016/2017. | en_US |