Show simple item record

dc.contributor.authorMariyana, Linda
dc.date.accessioned2020-07-01T08:57:37Z
dc.date.available2020-07-01T08:57:37Z
dc.date.issued2017-09-09
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/663
dc.description.abstractABSTRAK Linda Mariyana, 2017. “ Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf Pada TK Islam Ar Rajwaa Samarinda Seberang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Ahmad Riyadi, S.S.Hum dan Amalia Nur Aini, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak TK Ar Rajwaa khususnya keaksaraan, karena sebagian anak dalam mengenal lambang huruf maupun membaca huruf terkadang masih terbolak-balik, bahkan mereka sering salah membaca huruf yang bentuknya hampir sama, seperti b dengan d, n dengan m, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya metode yang digunakan dalam pembelajaran, karena itu guru dituntut untuk berkreasi mengembangkan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan keaksaraan anak usia dini pada TK Islam Ar Rajwaa Samarinda Seberang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), peneliti melakukan penelitian di kelasnya sendiri. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak TK Ar Rajwaa kelompok B berjumlah 24 anak, terdiri dari 11 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa melalui media kartu huruf kemampuan keaksaraan anak meningkat. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata kelas 1,55 dan anak yang mendapatkan nilai tuntas (BSH) hanya 5 anak atau 20,83% dari 24 anak, pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 2,10 dan anak yang mendapatkan nilai tuntas ada 9 anak (BSH ada 4 anak dan BSB ada 5 anak) atau 37,5%, pada siklus 2 nilai rata-rata kelas mencapai3,06 dan anak yang mendapat nilai tuntas ada 19 anak (BSH ada 6 anak dan BSB ada 13 anak) atau 79,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak usia dini pada TK Ar Rajwaa Samarinda Seberang.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectKemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini, Media Kartu Hurufen_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf Pada TK Islam Ar Rajwaa Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record