Pengaruh Bimbingan Belajar Kegiatan Rohis Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa SMK Farmasi Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nanik Wulandari “Pengaruh Bimbingan Belajar Kegiatan Rohis Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Siswa SMK Farmasi Samarinda”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda, dibawah bimbingan Ibu Prof Dr. Hj. Siti Muri’ah, selaku pembimbing I, dan Ibu Lina Revilla Malik M. Si selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian adalah dimana prestasi siswanya perlu ditingkatkan karena minimnya jam pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di SMK yang hanya memberikan 3 jam pelajaran atau 135 menit di setiap kelas dalam satu minggu dan terpotong jam pelajaran dengan jam istirahat. Ditambah dengan materi yang bersifat umum dan kurang mendalam membuat peran PAI untuk menciptakan lulusan yang beriman dan bertaqwa semakin sulit
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh bimbingan belajar kegiatan Rohani Islami (Rohis) terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa SMK Farmasi Samarinda.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket diberikan kepada siswa untuk mengetahui variabel X yaitu bimbingan belajar kegiatan Rohis dan untuk mengukur variabel Y yaitu prestasi belajar PAI siswa, dokumentasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nilai rapot siswa. Sedangkan untuk menganalisa data dari hasil penelitian ini menggunakan rumus product moment.
Hasil penelitian diperoleh sangat lemah atau sangat rendah sehingga korelasi tersebut diabaikan. Sementara itu setelah peneliti menghitung koefisien determinasi, diketahui berdasarkan koefisien kegiatan bimbingn Rohis mempunyai kontribusi hanya sebesar sebesar 2,5921% mempengaruhi prestasi belajar PAI pada siswa SMK Farmasi Samarinda, dan 97,4079% lagi dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor lingkungan keluarga masyarakat, faktor strategi belajar, faktor guru dan hal-hal lain yang dapat mempenngaruhi prestasi belajar siswa baik dari dalam sekolah maupun diluar sekolah.