Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Bagi Siswa MTs DDI Tani Aman Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Siti Maisarah, 2019. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Bagi Siswa MTs DDI Tani Aman Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI selaku dosen pembimbing I dan Sunanik, M.Pd.I selaku dosen pembimning II.
Latar belakang dari penelitian ini adalah banyak siswa yang merasa bosen dan sulit ketika mengikuti pembelajaran fiqih, dikarenakan ketika guru mengajar banyak menggunakan metode ceramah dan tidak divariasikan dengan metode lainnya. Salah satu yang dianggap tepat dalam mengatasi masalah tersebut adalah strategi pembelajaran aktif tipe card sort. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar mata pelajaran fiqih bagi siswa MTs DDI Tani Aman Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs DDI Tani Aman Samarinda yang berjumlah 79 yang terdiri dari siswa kelas IX A, B dan C karena populasi kurang dari 100 maka sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yaitu 79 siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan tes. Penulis menggunakan teknik analisis product moment.
Hasil penelitian bahwasanya sangat rendah/lemah antara penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan memperoleh nilai koefisien kolerasi sebesar 0,263 yang berada pada interval koefisien 0,200-0,399(rendah/lemah). Besarnya pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe card sort dibuktikan dengan perhitungan menggunakan t_hitung sebesar 13,50 dan nilai t_hitung setelah diinterprestasikan dengan nilai t_(tabel )pada taraf signifikan 0,05 untuk (df)=n-2,79-2=77, sehingga didapatkan nilait_(tabel ) 1,66488. Maka t_(hitung ) 13,50>t_(tabel ) 1,66488. Sedangkan pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe card sort terhadap hasil belajar fiqih yaitu 7%, sedangkan sisanya 93% merupakan sumbangan dari variabel lain di luar variabel strategi pembelajaran aktif tipe cad sort.