View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk geometri di sentra Balok Tk Islam Al Amin Tenggarong Seberang

Thumbnail
View/Open
Kastini.docx (12.90Kb)
Date
2020-05-07
Author
Kastini, Kastini
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Kastini. 2020.” Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk-Bentuk geometri di sentra Balok Tk Islam Al Amin Tenggarong Seberang. Skripsi, Jurusan pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islaman Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini Dibimbing Oleh Bapak Dr. Zamroni,M.Pd dan Ibu Siti Nasiah,M.Pd. Latar Belakang Penelitian ini adalah belum optimalnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak kelompok usia 4-5 tahun di Tk Islam Al Amin Tenggarong Seberang. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri disentra balok pada anak kelompok A. Bentuk geometri yang dikenalkan adalah persegi empat, persegi, segitiga, dan lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. yang dilakukan melalui dua siklus. Subjek penelitian sebanyak 15 peserta didik kelompok 4-5 tahun, yang terdiri 9 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri di sentra balok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak telah mencapai 80% dengan kriteria sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan mengenal bentuk geometri di sentra balok. Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan mengetahui, memahami, dan menerapkan bentuk geometri dalam kehidupan sehari-hari. Pada tahab Pratindakan presentase rata-rata ketercapaian anak baru mencapai 40%, Pada pelaksanaan Siklus I Presentase yang dicapai sebesar 53%, dan pencapaian kemampuan mengenal bentuk geometri pada Siklus II meningkat menjadi 85%, dengan pencapaian peningkatan 32%. Langkah-langkah yang dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri adalah mengucapkan bentuk geometri, memberi nama bentuk geometri memberikan contoh bentuk suatu benda yang sama dengan bentuk geometri, mendeskripsikan masing-masing bentuk geometri, menggambar bentuk geometri, menyusun beberapa bentuk geometri menjadi suatu benda serta bercerita mengenai benda yang dibuatnya dari beberapa susunan bentuk geometri.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/669
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [864]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV