dc.description.abstract | ABSTRAK
Inayah Tul ‘Aini, 2017. “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak di Kelompok Bermain Langit Biru Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Hj. Ananiah M, M.Pd dan M. Iwan Abdi, M.SI.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan baik, di mana disesuaikan dengan kebutuhan anak, serta mengaktualisasikan segenap potensi kreatif yang dimilikinya untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi anak berkaitan dengan motorik halus, untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan motorik halus anak, serta mengetahui sejauh mana kreativitas guru dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa kreativitas guru di KB Langit Biru Samarinda dapat dinilai cukup baik walaupun belum terlaksana dengan baik namun kreativitas guru dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak sedikit banyak telah dapat diwujudkan oleh sekolah tersebut. Pengajaran guru yang kreatif tentunya dapat memotivasi siswa dalam belajar tidak terkecuali dengan kegiatan yang berhubungan dengan keterampilan motorik halus seperti menulis, menggambar, menggunting, menjiplak, menganyam, membentuk, melipat, meronce dan memegang benda yang dalam penelitian ini dapat dijelaskan dan diambil kesimpulannya bahwa memang kreativitas guru dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak di KB Langit Biru Samarinda dapat memotivasi anak untuk lebih bersemangat dalam belajar. | en_US |