View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Melatih Kemampuan Berbahasa Anak di TK Islam Terpadu Bunga Harapan Samarinda

Thumbnail
View/Open
Herianti.docx (13.43Kb)
Date
2017-01-12
Author
Herianti, Herianti
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Herianti, 2017. “Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Melatih Kemampuan Berbahasa Anak di TK Islam Terpadu Bunga Harapan Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Mujahidah, M.Psi dan Rostanti Toba, M.Pd Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media dalam komunikasi pembelajaran di Taman Kanak-kanak khususnya penggunaan media kartu huruf dalam melatih kemampuan berbahasa anak usia Taman Kanak-kanak. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media kartu huruf dalam melatih kemampuan berbahasa anak, serta mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kemampuan berbahasa anak. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa proses pembelajaran menggunakan media kartu huruf mampu melatih kemampuan berbahasa anak. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara mempersiapkan media dan mengkondisikan anak, memberitahukan tema pembelajaran serta menjelaskan cara bermain dan memberi contoh, anak bergiliran untuk bermain dan mengacak kartu dengan posisi terbalik di papan flannel dan satu per satu anak maju memilih 1 kartu dengan membaliknya, kemudian guru memotivasi dan membantu anak jika ada anak yang mengalami kesulitan sehingga guru dapat membantunya serta tidak memaksa anak untuk harus menjawab atau melakukan dengan benar. Faktor yang paling menentukan dalam perkembangan bahasa anak adalah faktor lingkungan/sosial. Faktor lingkungan yang dimaksud di sini adalah lingkungan dimana anak itu berada, yang di dalamnya terdapat orang dewasa/orang tua dari anak tersebut. Sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan kata-kata yang diketahui oleh anak, gangguan fisik, anak kesulitan menggunakan bahasa karena perbedaan bahasa yang digunakan di rumah dan di sekolah.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/672
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Islam Anak Usia Dini [165]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV