Efektivitas Model Pembelajaran Bercerita Terhadap Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah (MA) Darud Da’wahwal Irsyad (DDI) Loa Janan Samarinda Tahun 2017
Abstract
ABSTRAK
Desy Supratiwi, “Efektivitas Model Pembelajaran Bercerita Terhadap Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah (MA) Darud Da’wahwal Irsyad (DDI) Loa Janan Samarinda Tahun 2017”. Penelitian ini dilakukan dibawah bimbingan bapak Dr. Puryadi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Guru merupakan salah satu factor penunjang untuk memperoleh keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru harus mampu menentukan model pembelajaran yang tepat agar proses belajar mengajar dapat lebih efektif. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran bercerita. Metode bercerita merupakan model pembelajaran langsung (direct learning) atau biasa disebut dengan model ceramah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran bercerita pada mata pelajaran aqidah akhlak di MA DDI Tani Aman Loa Janan Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang memerlukan penjelasan dari pelaksanaan pembelajaran bercerita. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena data yang diperoleh adalah data dari semua siswa kelas X, XI dan XII di MA DDI Tani Aman Loa Janan Samarinda yang berjumlah 48 orang peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil angket peneliti menggunakan uji (rata-rata) mean.
Dari hasil analisa tersebut, diperoleh simpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran bercerita padamata pelajaran aqidah akhlak tergolong Efektif. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan melalui analisis uji mean (rata-rata) yang diperolehhasil 3,18 yang berada diantara ska lain terprestasi 2,52-3,27 yang menunjukkan hasil yang Efektif dan didukung oleh hasil angket yang sudah disebarkan kepada peserta didik di MA DDI TaniAman.