Show simple item record

dc.contributor.authorChoiriyah, Lilik
dc.date.accessioned2020-07-02T08:07:23Z
dc.date.available2020-07-02T08:07:23Z
dc.date.issued2017-09-16
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/677
dc.description.abstractABSTRAK Lilik Choiriyah, 2017, “Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Kelompok B Kelompok Bermain Annafi Loa Janan Ilir 2016/2017”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag dan Lina Revilla Malik, M.Si. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa di Kelompok Bermain Annafi Loa Janan Ilir, banyak anak-anak yang dari segi perkembangan kemampuan kognitif, perkembangan sosial emosional, nilai agama dan moral serta bahasa sudah berkembang baik, tetapi dalam hal perkembangan kemampuan kreativitas khususnya membentuk hampir semua anak terlihat kurang terampil dan kreatif. Kreativitas yang rendah dalam kegiatan membentuk, dikarenakan selama ini guru hanya mengajarkan anak melakukan kegiatan finger painting, mewarna, dan mozaik saja. Selain itu tuntutan orang tua agar guru lebih banyak mengajarkan di bidang akademik untuk persiapan memasuki ke jenjang sekolah dasar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diadakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui bagaimana metode bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak kelompok B KB Annafi Loa Janan Ilir. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui melalui metode bermain plastisin dapat meningkatkan proses kreatif anak kelompok B KB Annafi Loa Janan Ilir, (2) untuk mengetahui melalui metode bermain plastisin dapat meningkatkan produk kreatif anak kelompok B KB Annafi Loa Jnan Ilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom actionresearch) yang bersifat kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan mengadopsi model spiral dari pendapat Kemmis dan Mc. Taggart melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Setting penelitian dilakukan di dalam kelas KB Annafi Loa Jana Ilir. Subyek Penelitian Tindakan Kelas berjumlah 12 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Obyek penelitian adalah kreativitas anak melalui bermain plastisin. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi, sedangkan analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengolah skor hasil tes belajar anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode bermain plastisin dapat meningkatkan kreativitas anak. Hal ini dapat diketahui dari hasil nilai rata-rata kreativitas pada aspek proses siklus I sebesar 2,36 dan meningkat pada pada siklus II sebesar 2,9. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 43,1%, meningkat pada siklus II sebesar 77,8%. Sementara nilai rata-rata kreativitas pada aspek produk siklus I sebesar 2,39 dan meningkat pada siklus II sebesar 2,88. dan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 40,7% , dan meningkat pada siklus II sebesar 82,4%. Hasil kreativitas pada aspek proses dengan kriteria tinggi dan pada aspek produk dengan kriteria sangat tinggi.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMeningkatkan Kreativitas Anak, Metode Bermain Plastisinen_US
dc.titleMeningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Kelompok B Kelompok Bermain Annafi Loa Janan Ilir 2016/2017en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record