Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Shalat Berjamaah Kelas III di SDN 017 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Ajaran 2016/2017
Abstract
ABSTRAK
Tsanawiyah (2017), Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Shalat Berjamaah Kelas III di SDN 017 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Samarinda. Pembimbing I : Dr. Hj. Fathul Jannah, M.SI dan Pembimbing II : Siti Julaiha, M.Pd.
Pendidikan karakter di Sekolah Dasar merupakan pondasi awal bagi pembentukan karakter bagi suatu bangsa. Rentannya pendidikan karakter saat ini sangat meresahkan orang tua dan juga pendidik secara Nasional. Pendidikn di SDN 017 Loa Janan telah menerapkan pendidikan karakter melalui beberapa kegiatan keagamaan yang diadakan di sekolah, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan-kegiatan tersebut untuk menamkan pendidikan karakter sejak dini bagi
anak-anak. Berdasarkan uraian di atas maka permaslahan yang dapat dirumuskan adalah Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Shalat Berjamaah di SDN 017 Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Shalat Berjamaah di SDN 017 Loa Janan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan shalat berjama’ah adalah 1) Penanaman nilai-nilai religius; nilai religius yang utama dalam shalat berjamaah yaitu keimanan, ketakwaan, ketawadhu’an dan kepatuahan kepada Allah SWT; 2) penanaman nilai kerukunan dan persaudaraan; 3) nilai kejujuran; 4) penanaman nilai disiplin; 5) penanaman nilai toleransi dan nilai kebersamaan.