dc.description.abstract | ABSTRAK
Yuliana, 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Dengan Kegiatan Bermain di Kelompok B TK Darul Falah 2 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Pembimbing I Dr. M. Eka Mahcmud, M.Ag dan Pembimbing 2 Hajriana, M.Pd. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan motorik kasar anak yang terus berkembang dan diperlukannya suatu media yang dapat merangsang minat anak tersebut. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan kegiatan bermain lompat tali pada kelompok B TK Darul Falah 2 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar dengan kegiatan bermain lompat tali pada kelompok B TK Darul Falah 2 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 18 orang anak didik yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 8 orang anak laki-laki serta 2 orang guru. Adapun cara pengambilan data penelitian ini adalah melalui observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, data yang diperoleh dapat dirinci sebagai berikut pada pra siklus pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 12 % dengan kategori kurang mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata presentase 33% ditunjukkan dengan kategori cukup. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata presentase sebesar 60% ditunjukkandengan kategori baik.
Berdasarkan dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan kegiatan bermain dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak pada kelompok B TK Darul Falah 2 Samarinda Tahun Pembelajaran 2016/2017. | en_US |