dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Ari Widodo, 2016, Problema Pelaksanaan Shalat Dzuhur Berjamaah Bagi Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda adalah skripsi peneliti di bawah bimbingan bapak Dr. H. Akhmad Bukhari, M.Ag selaku pembimbing I dan bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing II.
Penanaman keimanan dan ketaqwaan sejak dini kepada generasi muda merupakan hal yang sangat penting dan bermanfaat sebagai benteng untuk mencegah dari perilaku-perilaku yang menyimpang dari syari’at agama, serta sebagai filter terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang masuk ke dalam negeri ini. Sekolah atau madrasah merupakan lembaga yang sangat strategis dalam penanaman nilai-nilai agama bagi generasi muda melalui proses pembelajaran dan praktik yang dilakukan di luar kelas, seperti yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda yaitu dengan pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah bagi siswa. Namun setiap kegiatan yang ada di dalam suatu lembaga pendidikan pasti ada hambatan-hamabatan yang dialami dalam pelaksanaannya. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja problema pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda dan apa saja upaya dalam mengatasi problema pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui problema yang dihadapai dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda dan upaya untuk mengatasi problema pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah bagi siswa di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data yang terkumpul melalui teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi, Setelah diperiksa keabsahannya, data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa problema yang dihadapi dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah di Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal Irsyad (MTS DDI) Tani Aman Samarinda adalah sebagai berikut: (1) sarana dan prasarana yang kurang mendukung sehingga pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah tidak berjalan secara maksimal. (2) keterbatasan jumlah guru pembimbing siswa dalam pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah. (3) kurangnya kesadaran siswa dalam melaksanakan shalat dzuhur berjamaah. Adapun upaya untuk mengatasi problema tersebut adalah: (1) memberikan fasilitas yang cukup sebagai penunjang pelaksanaan shalat dzuhur berjamaah. (2) menambah jumlah guru pembimbing. (3) memberikan motivasi kepada para siswa melalui keteladan. | en_US |