Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Boarding School Dan Non-Boarding School Pada Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Akidah Akhlak, Quran Hadits, Fiqih, Ski) Di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda Seberang Tahun Akademik 2016/2017
Abstract
ABSTRAK
Akbar Arif Rahman, 2017. Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Boarding School Dan Non-Boarding School Pada Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Akidah Akhlak, Quran Hadits, Fiqih, Ski) Di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda Seberang Tahun Akademik 2016/2017. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Samarinda. Penelitian dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Drs. Khairul Saleh, M.Ag.
Latar belakang penelitian ini adalah lembaga pendidikan diharapkan dapat menciptakan generasi yang tidak hanya pandai dalam intelektual namun juga pandai dalam ilmu keagaaman salah satunya dengan memiliki prestasi yang memuaskan. Seperti upaya Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda Seberang dalam menerapakan sistem Boarding School bagi para siswa dan siswinya. Namun pada kenyataanya tidak semua siswa mengikuti boarding school di Madrasah Aliyah Al- Mujahidin Samarinda Seberang. Secara teori, siswa yang mengikuti Boarding Scool akan mendapatkan prestasi lebih memuaskan dibandingkan siswa yang tidak mengikuti Boarding School. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa boarding school dan non-boarding school pada rumpun mata pelajaran pendidikan agama islam (akidah akhlak, quran hadits, fiqih, SKI).
Penelitian ini adalah penelitian komparatif yang menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Al-Mujahidin tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 97 siswa dari 4 kelas. Pelaksanaan pengambilan sampel terhadap populasi dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling artinya teknik pengambilan responden yang memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anggota yang ada dalam suatu populasi untuk dijadikan responden. Karena jumlah objek penelitian tidak mencapai 100 orang maka seluruh siswa dijadikan populasi sekaligus sebagai responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara. Serta untuk teknik pengujian hipotesis menggunakan thitung.
Penelitian ini mendapatkan jika nilai to = 0,387 lebih kecil dari ttabel baik pada taraf signifikansi 1% (ttabel = 2,366) atau pada taraf signifikansi 5% (ttabel = 1,958). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa boarding school dengan yang tidak mengikuti boarding school dalam rumpun mata pelajaran pendidikan agama islam (akidah akhlak, quran hadits, fiqih, SKI) di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda seberang tahun akademik 2016/2017.