Pengaruh Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa MA Al-Arsyadi Samarinda Seberang
Abstract
ABSTRAK
Syaldi Kuncoro Jati, 2017. “Pengaruh Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa MA Al-Arsyadi Samarinda Seberang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs, Darwis M.SI dan Siti Maulidah M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah pengaruh ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa karena pada prakteknya peneliti menemukan siswa izin tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar karena latihan ekstrakurikuler. Sedangkan Melalui kegiatan ekstrakurikuler peserta didik diharapkan dapat bertambah wawasan mengenai materi yang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas. Melalui kegiatan ekstrakurikuler juga siswa dapat menyalurkan bakat, minat dan potensi yang dimiliki. Akan tetapi, tidak seseluruh kegiatan ekstrakurikuler berjalan berbanding lurus dengan tujuan awalnya, yaitu mengarahkan siswa untuk mencapai prestasi seoptimal mungkin. Karena pada kenyataannya beberapa kasus, kegiatan ekstrakurikuler justru menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab menurunnya prestasi dalam bidang akademik siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan ekstrakurikuler di MA. Al Arsyadi Samarinda Seberang, untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa MA. Al Arsyadi Samarinda Seberang dan untuk mengetahui apakah kegiatan ekstrakurikuler berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MA. Al Arsyadi Samarinda Seberang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan lokasi MA Al-Arsyadi Samarinda Seberang. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun variabel independen adalah kegiatan ekstrakurikuler sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat korelasi korelasi antara ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar yaitu termasuk pada kategori yang cukup kuat. Demikian dari hasil uji t Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa MA Al-Arsyadi Samarinda Seberang.