Kemampuan Membaca Alquran Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Isnaini Al-Jannatun Ni'mah, 2017. Kemampuan Membaca Alquran Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Iskandar, M.Ag selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.SI selaku pembimbing II.
Pendidikan merupakan salah satu prioritas utama untuk mendapatkan kehidupan dan kesejahteraan utama di dunia. Untuk memajukan pendidikan, tidak hanya diperlukan tingkat kecerdasan dibidang umum saja, namun pendidikan agama menjadi kebutuhan pokok untuk menyeimbangkan antara kehidupan dunia dan akhirat. Salah satunya yaitu dengan cara membaca Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca Alquran siswa kelas VII di sekolah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes lisan dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatakan kuantitatif untuk mengetahui masalah yang terjadi disekolah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 7 Samarinda sebanyak 310 siswa. Mengingat banyaknya populasi, maka untuk menentukan sampel peneliti menggunakan rumus Slovin dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling sehingga jumlah sampel yang diambil 174 siswa. Dalam menganalisa peneliti menekankan pada data-data nomerikal yang diolah dengan metode statistika.
Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa kemampuan membaca Alquran siswa Kelas VII jika dihitung nilai rata-rata (mean) adalah 80.29, ini berarti bahwa kemampuan siswa kelas VII dalam membaca Alquran di sekolah dikatakan mampu/tuntas, dimana angka tersebut berada pada skala nilai KKM 75, atau 80.29 > 75.