Pembelajaran Matematika Guided Discovery
Abstract
pembelajaran matematika yang dilakukan masih secara konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sementara
siswa cenderung pasif. Akibatnya siswa merasa bosan dalam pembelajaran matematika. Siswa cenderung melakukan aktivitas lain yang lebih menarik perhatian, misalnya seperti bermain dan mengobrol dengan temannya. Menurut pengamatan dan observasi pada saat pembelajaran berlangsung siswa cenderung bersikap pasif, enggan bertanya, takut atau malu untuk bertanya. Siswa jarang berdiskusi dengan temannya. Bila ada yang kurang paham atau tidak mengerti tentang suatu materi mereka cenderung untuk diam. Masih banyak siswa kesulitan mempelajari maupun menyelesaikan soal-soal matematika. Soal matematika dianggap sesuatu yang rumit, membutuhkan energi, pikiran, dan waktu yang banyak untuk menyelesaikannya. Selain itu ketika guru meminta siswa untuk menyelesaikan suatu masalah, beberapa siswa merasa kebingungan dan kesulitan sehingga tidak dapat memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Guru harus mengulangi penjelasan yang telah diberikan barulah kemudian siswa dapat memecahkan masalah tersebut.