Pengaruh Kegiatan Tahsin Qira’ah Alquran Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Mulyanto, 2020. Pengaruh Kegiatan Tahsin Qira’ah Alquran Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Samarinda. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Dr. Much. Eka Mahmud M.Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnnya kemampuan membaca Alquran siswa terlihat dari beberapa siswa yang masih terbata-bata dalam membaca Alquran. Kurangnya waktu pembelajaran tahsin qira’ah Alquran, normalnya kegiatan belajar mengajar tahsin qira’ah Alquran dilaksnakan satu kali dalam seminggu, berbeda dengan siswa yang mengikuti sistem asrama (pondok), mereka lebih banyak mendapatkan pembelajaran tahsin qira’ah Alquran, selain itu kurangnya metode guru menyampaikan pembelajaran tahsin qira’ah Alquran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan tahsin qira’ah Alquran terhadap kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Samarinda. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Populasi seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 181 siswa. Peneliti menentukan sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf kesalahan 10%, dan peneliti menentukan sampel dengan purposive random sampling, lalu peneliti mendapatkan hasil sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket.. Data ini di analisis dengan statistic deskriptif dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh kegiatan tahsin qira’ah Alquran terhadap kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Samarinda yang menggunakan rumus korelasi. diketahui bahwa korelasi (r) antara variabel (X) kegiatan tahsin qira’ah Alquran dan variabel (Y) kemampuan membaca Alquran bernilai r = 0,583, sehingga tingkat korelasinya termasuk kategori Sedang. Hasil dari Uji T diketahui thitung= 5.653 dan ttabel= 1.295, dari hasil uji T maka pengambilan keputusannya jika thitung ≥ ttabel = 5.653 ≥ 1.295, maka terdapat pengaruh antara kegiatan tahsin qira’ah Alquran terhadap kemampuan membaca Alquran di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Samarinda. berarti dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Koefisien Pengaruh berarti pengaruh kegiatan tahsin qira’ah Alquran terhadap kemampuan membaca Alquran di Madrasah Tsanawiyah Darul Ihsan Samarinda sebesar 34% dan sisanya 66% dipengaruhi oleh variabel lain.