PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PESERTA DIDIK KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TEKNOLOGI INFORMASI (SMK TI) LABBAIKA SAMARINDA
Abstract
Abem Ngisti,2019 “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas X di SMK TI Labbaika Samarinda”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Muhammad Nasir, M. Ag selaku pembimbing I dan Bapak Badrut Tamam, M. Pd. I selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media power point. Latar belakang tersebut yang menjadi acuan peneliti untuk meneliti adakah pengaruh media power point terhadap tingkat pemahaman Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta didik Kelas X di SMK TI Labbaika Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh pengaruh media power point terhadap tingkat pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK TI Labbaika. Dari kelas X, XI, XII, yang berjumlah 377 pesarta didik. Sehingga penelitian ini menjadi penelitian random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebesar 10%. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan angket. Teknik uji validitas data menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas data menggunakan rumus cronback alpha. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hipotesis di uji menggunakan rumus uji “t”.
Berdasarkan hasil korelasi product moment secara manual dengan bantuan MS Excel 2010 diperoleh angka sebesar 0,294 angka tersebut berada dalam interval antara nilai 0,20-0,399 berdasarkan skala interpretasi, angka tersebut berarti “rendah” sehingga peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media power point terhadap tingkat pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda dengan pengaruh yang rendah yaitu sebesar 0,294.
Berdasarkan analisis data penelitian menunjukkan bahwa thitung = 0,843 dan thitung akan dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansinya 10% dan tingkat derajat kebebasan (db) n-2 = 11-2 = 9, didapatkan nilai ttabel sebesar 1,833. Jika dibandingkan hasil tersebut, maka thitung (0,843) < ttabel (1,833), artinya Ha ditolak dan H0 diterima..