STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 SAMARINDA
Abstract
Nor Milasari, Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda, Program studi Pendidikan Agama Islam, Program Sarjana Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Samarinda, Pembimbing I: Dr. Muhammad Nasir, M.Ag dan Pembimbing II : Dr. H. Puryadi, s.Ag.,M.Si.
Strategi pembelajaran merupakan salah satu cara yang sangat efektif digunakan oleh seorang guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, terlebih lagi di mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang dirasa lebih sulit untuk dipahami karena mempelajari sesuatu yang terjadi di masa lampau. Seperti yang dialami oleh penulis ketika melakukan Praktek Kerja Lapangan penulis hanya menggunakan strategi ceramah saja tetapi siswa menjadi kurang termotivasi lalu menurut guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam proses pembelajaran haruslah menggunakan beberapa macam strategi agar siswa menjadi termotivasi di kelas. Rumusan masalah yaitu untuk mengetahui strategi pembelajararan apa saja yang digunakan guru Sejarah Kebudayaan Islam dan Faktor-faktor apa yang menjadi penghambat dalam penerapan strategi pembeljaran tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda dan Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan strategi tersebut.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data primer dalam penelitian ini wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan beberapa perserta didik. Data sekunder penelitian ini ialah data-data dokumentasi sekolah yang dapat mendukung data penelitian.
Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasrkan hasil penelitian tentang bagaimana Strategi Pembelajaran Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda ialah dengan menggunakan strategi Pembelajaran Ekspositori(ceramah), Strategi Pembelajaran inkuiri(Tanya jawab), Strategi Pembelajaran Kooperatif (kelompok), dan Strategi Pembelajaran Kontekstual(Menarik Kesimpulan). Kemudian faktor-faktor yang menghambat penerapan Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu Bahan Pembelajaran, Sarana dan Prasarana, dan Anak didik.