dc.description.abstract | Desy Ulandari, 2019. “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyyah Al Muna Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Mukhamad Ilyasin M.Pd selaku pembimbing I dan Gianto, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh realita yang terjadi di lingkungan sekolah. Dimana tidak sedikit siswa-siswi yang kurang baik antara lain, masih terdapat siswa yang malas beribadah, berbohong, tidak disiplin, minat membacanya kurang, kurang sopan terhadap guru dalam bertutur kata, dan kurang peduli lingkungan. Karakter kurang baik diatas tidak terlepas dari apa yang telah siswa-siswi lihat ketika berada dilingkungan sekolah, sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya sekolah MI Al-Muna Samarinda. Kondisi sekolahnya tidak jauh dari lingkungan pasar, yang mana secara tidak langsung memberikan dampak kurang baik terhadap karakter yang dimiliki siswa. dikarenakan perilaku dari masyarakat sekitar (pasar) yang kurang sopan dalam bertutur kata, tidak tepat waktu dalam melaksanakan sholat, dan juga membuang sampah disembarang tempat. Seharusnya ini menjadi tanggung jawab bersama termasuk lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan sekolah di MI Al Muna Samarinda, untuk mengetahui pembentukan nilai-nilai karakter di MI Al Muna Samarinda dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan nilai-nilai pembentukan karakter siswa di MI Al Muna Samarinda.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I, II, III, IV, V dan VI yang berjumlah 203 siswa, sedangkan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas IV dan V yang berjumlah sebanyak 36 siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis correlation product moment, dan juga uji t.
Hasil penelitian lingkungan sekolah di MI Al Muna Samarinda terdapat keadaan fisik sekolah yang mana tersedianya sarana prasarana dan beraneka ragam tempat sampah berdasarkan jenisnya. Adapun hasil penelitian pembentukan nilai-nilai karakter siswa di MI Al Muna Samarinda ialah bagaimana kepala sekolah dan seluruh tenaga kependidikan membentuk nilai-nilai karakter siswa melalui sholat dhuha berjama’ah, sholat dzuhur berjama’ah, yasinan setiap minggunya, dan mabit disetiap bulannya. Sedangkan pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan nilai-nilai karakter siswa dibuktikan dengan perhitungan menggunakan thitung nilai besar 5,461. Dan nilai thitung setelah diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05, untuk db= 36-2= 34 didapatkan nilai ttabel 1,690. Maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 5,461>1,690. Sedangkan penelitian pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa yaitu 42,7% sisanya ditentukan oleh faktor yang lain. | en_US |