View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SANGASANGA

Thumbnail
View/Open
ABSTRAK.docx (15.01Kb)
Date
2019-08-05
Author
Risa Pratiwi, Rizky
Metadata
Show full item record
Abstract
Rizky Risa Pratiwi, 2019. “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Sangasanga”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Ibu Marniati Kadir, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah program pemberian reward yang ada di SMA Negeri 1 Sangasanga bertujuan untuk memacu semangat belajar siswa agar mau meningkatkan hasil belajarnya. Walaupun tidak bisa dipungkiri terkadang masih ada beberapa siswa yang tidak terlalu peduli dengan adanya reward dan menganggap reward sebagai sesuatu hal yang biasa dan tidak memacu semangat belajarnya sehingga masih terdapat beberapa siswa yang tidak mengalami peningkatan dalam prestasi belajarnya. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sangasanga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sangasanga yang pernah mendapatkan peringkat 1 sampai dengan 3 yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dan dokumentasi. Hasil data yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa pemberian reward mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sangasanga. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai 𝑟𝑥𝑦 = 0,31. Sedangkan Hasil uji t diperoleh nilai sebesar t hitung = 1,984. Jika dilihat pada taraf signifikansi 5% db (n-2) = 37, maka berdasarkan daftar distribusi tingkat kepercayaan 5%,diperoleh nilai t tabel sebesar 1,687 sehingga t hitung > t tabel (1,984 > 1,687). Bila dilihat pada ketentuan interpretasi t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Dengan demikian maka antara pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Sangasanga dinyatakan diterima dengan nilai kontribusi sebesar 9.61%.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/800
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [864]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV