dc.description.abstract | Waneti, 2020. "Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Menggambar di Kelompok A TK Gelatik Samarinda Tahun Pembelajaran 2019/2020”. Skripsi,Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Jurusan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr.Hj.Robingatin,M.Ag dan Nurwati M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi adanya pengamatan yang dilakukan oleh peneliti terhadap anak didik di Kelompok ATK Gelatik Samarinda yang memiliki kendala dalam perkembangan kreativitasnya, untuk meningkatkan kreativitas tersebut maka dengan melalui kegiatan menggambar anak diharapkan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dan menjadi tempat bagi anak untuk menuangkan ide/gagasan serta dapat meningkatkan kreativitasnya .untuk dapat meningkatkan kreativitas tersebut maka harus memerlukan penanganan yang lebih baik lagi agar perkembangan kreativitas anak dapat berkembang optimal sesuai masanya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar di kelompok ATK Gelatik Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri dari tigatahapanyaitu:Pratindakan,SiklusIdanSiklusII,dalam setiapsiklus dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dengan teman sejawat. Lokasi penelitian ini di TK Gelatik Samarinda berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata (sei.Dama). Subjek dalam penelitian ini adalah 10 anak, yang terdiri dari 2 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menggambar dapat meningkatkan kreativitas menggambar anak kelompok ATK Gelatik Samarinda. Peningkatan kreativitas anak dapat dilihat pada hasil penelitian pratindakan diperoleh 20%. Pada siklus I diperoleh hasil yaitu 50% dan pada siklus Il diperoleh hasil yaitu 80%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena pada siklus ini hasil yang dicapai telah memenuhi criteria keberhasilan indicator yaitu minimal 80%. Pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak melalui kegiatan menggambar, meliputi:(1)menyiapkan kertas materi (HVS). (2) memperjelas tahapan/langkah kelancaran dalam menuangkan ide-idenya pada kegiatan menggambar, kerincian dalam menguraikan goresan beragam bentuk pada kegiatan menggambar, keaslian dalam membuat karya sebuah gambar dan kemampuan dalam menceritakan gambarnya sendiri. (3) memotivasi anak untuk bias menyelesaikan sendiri tanpa meminta bantuan dari orang lain baik guru maupun teman. | en_US |