dc.description.abstract | Harun Ismail, Penerapan Keterampilan Bertanya Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Siswa MA Sabilal Muhtadin Loa Bakung Samarinda, Skripsi ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA selaku pembimbing I dan Bapak Moh. Nasrun, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Menurut Albantati keterampilan dasar bertanya dapat dikelompokkan menjadi dua tingkatan, yaitu keterampilan dasar bertanya tingkat dasar dan keterampilan dasar tingkat lanjut. Kedua, keterampilan tersebut memiliki tujuan agar siswa mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Oleh karena itu, agar dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, maka peneliti ingin mengetahui strategi mengembangkan keterampilan bertanya dalam pembelajaran Akidah Akhlak pada siswa MA Sabilal Muhtadin Loa Bakung Samarinda.
Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan (Field Research). Dalam subjek penelitian ini adalah guru Akidah Akhlak dan siswa kelas XII MA Sabilal Muhtadin. Dalam teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun keabsahan data yang peneliti gunakan ada 2 yaitu, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dan teknik analisis data yang peneliti gunakan ada 3 yaitu, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah keterampilan bertanya yang digunakan oleh guru Akidah Akhlak pada siswa di MA Sabilal Muhtadin Samarinda berupa keterampilan bertanya tingkat dasar dan tingkat lanjut. Strategi keterampilan bertanya tingkat dasar yaitu, Pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat, pemberi acuan, pemusatan, pemindahan giliran, penyebaran pertanyaan, pemberian waktu berpikir, dan pemberian tuntunan. Dan adapun keterampilan bertanya tingkat lanjut yaitu, Pengubahan tuntunan tingkat kognitif dalam menjawab pertanyaan, pengaturan urutan pertanyaan, penggunaan pertanyaan pelacak, dan peningkatan terjadinya interaksi. | en_US |