Show simple item record

dc.contributor.authorKaromah, Nurul
dc.date.accessioned2020-03-11T02:42:05Z
dc.date.available2020-03-11T02:42:05Z
dc.date.issued2019-09-27
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/80
dc.description.abstractABSTRAK Nurul Karomah, 2019. “Pengaruh Media Penggunaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akidah Ahklak Siswa MI Ash-Shabirin Samarinda Seberang”.Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dengan bimbingan Bapak Bahrani, M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Indriana Rahmawati, M.Pd selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini di latar belakangi dengan perkembangan teknologi modern yang mempengaruhi dunia pendidikan. Penggunakan media audio visual telah banyak digunakan di dalam pembelajaran. Setiap guru dituntut menggunakan media pembelajaran pada saat berlangsungnya proses belajar mengajar. Namun demikian, dengan berbagai alasan media pembelajaran masih sering terabaikan. Hal ini berdampak pada efektivitas pembelajaran, khususnya dalam hal memotivasi belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran terhadap prestasi belajar akidah ahklak siswa di MI Ash-Shabirin Samarinda Seberang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Ash-Shabirin berjumlah 212 siswa dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI yang berjumlah 48 siswa pelajaran akidah ahklak dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tehnik angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh sebesar 0,600. Kemudian jika diinterprestasikan ke dalam tabel interprestasi maka nilai tersebut berada diantara 0,400 s/d 0,600. Maka pada tingkatannya cukup berpengaruh melalui tabel interprestasi nirai r. Sedangkan pada taraf signifikan 5% atau 0,05 (48 – 2 = 46 = 1,678), ternyata lebih besar dari (34,5 > 1,678). Maka cukup berpengaruh antara Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akidah Ahlak Siswa MI Ash-Shabirin Samarinda Seberang. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan diterima yaitu cukup Berpengaruh.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengaruh Media Penggunaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akidah Ahklak Siswa MI Ash-Shabirin Samarinda Seberangen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record