Pengaruh Intrakurikuler Baca Alquran terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa MTs DDI Tani Aman Loa Janan Ilir
Abstract
Muhammad Darwis, 2019. “Pengaruh Intrakurikuler Baca Alquran terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa MTs DDI Tani Aman Loa Janan Ilir”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.SI selaku pembimbing I dan Abdul Basith, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang terjadi di lingkungan sekolah. Dimana masih ada sebagian peserta didik yang kurang lancar membaca Alquran. Peneliti menemukan masalah tersebut pada observasi awal yang peneliti lakukan. Hal ini juga banyak dikeluhkan oleh guru-guru disekolah, terutama guru Pendidikan Agama Islam. Salah satu hal yang dianggap tepat dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengaktifkan Intrakurikuler Baca Alquran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Intrakurikuler Baca Alquran tersebut terhadap kemampuan membaca Alquran siswa di MTs DDI Tani Aman Loa Janan Ilir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII dan Kelas IX, yang berjumlah 173 siswa-siswi, sedangkan teknik penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan stratified random sampling, kemudian penentuan jumlah sampel perkelas menggunakan proportional random sampling yakni dengan hasil 34 siswa-siswi dari kelas VIII dan 29 siswa-siswi dari kelas IX yang berjumlah sebanyak 63 siswa-siswi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus correlation product moment dan menguji hipotesis dengan uji t.
Hasil penelitian pengaruh Intrakurikuler Baca Alquran terhadap kemampuan membaca Alquran berada pada kategori cukup(0,426). Besarnya pengaruh Intrakurikuler Baca Alquran terhadap kemampuan membaca Alquran siswa dibuktikan dengan perhitungan menggunakan thitung nilai besar 3,676. Dan nilai thitung setelah diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05, untuk db= 63-2= 61 didapatkan nilai ttabel1,671. Maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,676 > 1,671. Sedangkan hasil akhir dari penelitian ini yakni pengaruh Intrakurikuler Baca Alquran terhadap kemampuan membaca Alquran siswa yaitu 18,1% dan sisanya ditentukan oleh faktor yang lain.