Korelasi Antara Pemahaman Materi Pendidikan Agama Islam Dengan Sikap Spiritual Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 14 Samarinda
Abstract
Khonsa, 2019. “Korelasi Antara PemahamanMateriPendidikan Agama IslamDenganSikap Spiritual SiswaKelas XISekolahMenengahKejuruanNegeri 14 Samarinda”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Nasir M.Agselaku pembimbing I dan MohNasrunM.Pd selaku pembimbing II.
Penelitianinidilatarbelakangiolehrealita yang terjadi di lingkungansekolah. peneliti melihat adanya perbedaan dari beberapa sikap spiritual siswa-siswi SMK Negeri 14 Samrinda. Contohnya pertama dalam hal sikap, peneliti melihat ada beberapa sikap siswa-siswi SMK Negeri 14 Samarinda yang terlihat kurang baik, baik terhadap teman ataupun terhadap guru.
Kedua dalam hal beribadah masih ada siswa-siswi yang tidak melaksanakan sholat berjama’ah di musholla yang telah di sediakan oleh pihak sekolah padahal disekolah tersebut mewajibkan untuk melakukan sholat berjama’ah. Namun peneliti juga pernah mendapati beberapa siswa yang melakukan kan ibadah diluar yang di wajibkan oleh sekolah yaitu peneliti melihat ada beberapa siswa yang melaksanakan ibadah Sunnah yaitu Sholat Dhuha. Padahal mereka sama-sama mendapatkan materi pendidikan agama Islam tetapi pada kenyataanyaanya sikap spiritual mereka berbeda-beda tidak semua mengaplikasikan ilmu yang mereka dapati hal ini menjadi sebuah tanda tanya, terjadi karena tingkat pemahaman mereka yang berbeda-beda atau kerenakan hal lain.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI, yang berjumlah 225 siswa, sedangkan teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling yaitu siswa kelas XI yang berjumlah sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Penulis menggunakan teknik analisis correlation product moment.
Hasil penelitian korelasiantarapemahamanPendidikan Agama Islam dengansikap spiritual siswa-siswi berada pada kategori rendah dengan interpretasi antara 0,20 sampai dengan 0,399. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan yangdiperoleh darinilai koefisien kolerasi yaitusebesar 0,36363.Besarnya korelasipemahamanmateriPendidikan Agama Islam dengansikap spiritual siswa-siswi dibuktikan dengan perhitungan menggunakan thitung nilai besar 3,211.Dan nilai thitung setelah diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05, untuk db= 70-2= 68 didapatkan nilai ttabel1,667. Maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,211>1,665. Sedangkan kontribusipenelitian korelasi antara pemahaman materi Pendidikan Agama Islamdengan sikap spiritual siswa-siswiyaitu 13,1% sisanya ditentukan oleh faktor yang lain.