Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Samarinda
Abstract
Abi Mulya Wardana, 2020.“Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 6 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Pendidikan Islam (PI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muhammad Nasir, M.Ag sebagai pembimbing I dan Bapak Muhammad Sali, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah ketika siswa tidak dapat focus dalam proses pembelajaran dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi pembelajaran yang sedang dibahas, merupakan salah satu perilaku siswa yang bias mengganggu proses pembelajaran. Perilaku tersebut biasanya ditunjukkan oleh tindakan–tindakan tertentu, seperti mengobrol ketika guru sedang menjelaskan, atau melakukan aktifitas lain yang tidak ada kaitannya dengan materi pembelajaran. Perilaku siswa tersebut bersumber dari kurangnya motivasi belajar mereka. Terdapat factor penyebab yang mengakibatkan kurangnya motivasi belajar siswa, contohnya seperti model pembelajaran yang kurang menarik dan berakibat siswa kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh pendidik. Maka dengan ini peneliti ingin mengetahui antusias siswa ketika dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran word square. Selanjutnya, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran word square terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 6 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI siswa yang beragama muslim dengan jumlah 266 siswa. Selanjutnya dalam pengambilan sampel menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Taro Yamane atau Slovin diperoleh sampel sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalaha ngket tertutup dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan rumus korelasi product moment, perhitungan dengan rumus uji-t, dan untuk mengetahui kontribusi antara variabel X dan variabel Y peneliti menggunakan rumus koefisien determinan.
Berdasarkan hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh hasil 0,42. Berdasarkan table interpretasi nilai r diketahui angka tersebut berada dalam interval 0,40 – 0,59 yang berarti korelasi antara model pembelajaran word square terhadap motivasi belajar di SMA Negeri 6 Samarinda, korelasinya adalah cukup berpengaruh. Adapun besar kontribusi penggunaan model pembelajaran word square terhadap motivasi belajar siswa sebesar 17% sedangkan sisanya 83% ditentukan variabel lain seperti dipengaruhi oleh lingkungan sekolah, sarana prasarana dan sebagainya.