Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Islam dalam Keluarga Terhadap Pengembangan Karakter Anak di Rukun Tetangga (RT.17) KelurahnBukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu
Abstract
BSTRAK
Arbain. 2019. Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Islam dalam Keluarga Terhadap Pengembangan Karakter Anak di Rukun Tetangga (RT.17) KelurahnBukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu.Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Pembimbing I adalah Dr. Syeh Hawib Hamzah, M.Pd.I, dan Pembimbing II adalah Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan yang mempengaruhi perilaku keagamaan anak, salah satunya adalahpendidikan Islam dalam keluarga yang dilakukan oleh orang tua, adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak diRukun Tetangga (RT.17) KelurahanBukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu.
Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remajan berusia 11-15yang berada di Rukun Tetangga (RT.17) KelurahanBukit Pinangyang berjumlah 33 orang, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh, yakni jumlah populasi 33 remaja usia 11-15 tahun sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,dokumentasi,dan kuisioner angket.
Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hipotesis di uji mengunakan rumus uji t. Dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh angka sebesar 0,553 maka angka tersebut berada dalam interval antara nilai 0,40-0,599 berdasarkan skala interprestasi angka tersebut berarti “cukup” yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pelaksanaan pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak diRukun Tetangga (RT.17) KelurahanBukit Pinang Kecamatan Samarinda Ulu. Sedangkan interpretasi (koefisien determinasi) variabel X terhadap variabel Y sebesar 30,59% yang berarti 69,40% prilaku remaja masih dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini sehingga peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup antara pendidikan Islam dalam keluarga terhadap pengembangan karakter anak di RT.17 Kelurahan Bukit Pinang. Selanjutnya dari hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 3,696 dan thitungakan di interprestasikan dengan nilai ttabel pada taraf kebenaran 5% dan tingkat derajat kebebasan (db) = n-2,=33-2=31, didapatkan nilai ttabel sebesar 0,344 dan thitung3,696.