dc.description.abstract | ABSTRAK
Nur Jannati Mahmudah, 2019. ”Implementasi Penggunaan Metode Tilawati dalam Mata Pelajaran Alquran di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Skripsi ini ditulis di bawah bimbinganDr.Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Arsinah, S.Ag, M.SI sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah ketertarikan penulis akan metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Alquran. Dewasa ini muncul berbagai metode yang dapat mempermudah dalam membaca Alquran. Metode yang muncul menawarkan keunggulan masing-masing dalam proses pembelajarannya, begitu pula dengan hasil yang didapat nantinya. Mulai dari pemahaman hukum bacaan sampai pemahaman makharijul huruf. Rumusan masalah penelitian ini secara garis besarnya bagaimana implementasi metode tilawati dalam mata pelajaran Alquran di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui implementasi metode tilawati dalam mata pelajaran Alquran di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi langsung kepada informan, adapun yang yang menjadi informan atau sumber data adalah kepala sekolah, tata usaha, guru tilawati, guru PAI, dan siswa. Sedangkan langkah dalam menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian implementasi metode tilawati dalam pembelajaran membaca Alqurandi SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda sudah terlaksana dengan sangat baik. Dari 20 kategori yang diamati, ada 18 kategori yang sudah sesuai dengan teori metode tilawati. Hal ini juga dapat dilihat dari kegiatan belajar mengajar yang dapat dikelola dengan baik oleh guru serta semangat dan keaktifan siswa/siswi di dalam mengikuti proses pembelajaran. Namun terdapat beberapa hal yang masih belum terpenuhi seperti target waktu yang belum bisa tercapai sesuai dengan yang telah di tetapkan oleh lembaga tilawati. | en_US |