Show simple item record

dc.contributor.authorMustika, Neneng
dc.date.accessioned2020-03-11T05:19:37Z
dc.date.available2020-03-11T05:19:37Z
dc.date.issued2019-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/85
dc.description.abstractABSTRAK Neneng Mustika, 2019. “Problematika Dalam Menghafal Al- Qur’an di Rumah Tahfidz Al- Malik Banggeris Samarinda.Skripsi, Program StudiPendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda” Penelitian ini dibimbing oleh Lina Revilla Malik, M.Sisebagaidosenpembimbing I dan Muhammad Nasrun, M.Pdsebagaidosenpembimbing II. Penulismenemukan banyak santri Al-Malik yang memiliki keinginan kuat dalam menghafal Alquran, namun dalam menghafal Alquran banyak masalah dan kesulitan yang dialami oleh santri, yang menghambat proses menghafal Alquran,sehingga penulis tertarik untuk meneliti tentangapa saja problematika dalam menghafal Alquran dan bagaimana para santridanpengurus dalam mengatasi problem dalam menghafal Alquran di Rumah Tahfidz Al-malik Banggeris Samarinda. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja problem yang dihadapi oleh santriwati Al-malik dalam menghafal Alquran dan bagaimana upaya pengurus dalam mengatasi problem yang dihadapi santriwati dalam menghafal Alquran di Rumah Tahfidz Al-malik Banggeris Samarinda. Metodeyang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah santriwati Rumah Tahfidz Al-malik Banggeris Samarinda. Dalam menguji keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi. Penulis dalam penelitian ini menggunakanteknikpengumpulan data berupawawancara, observasi, dokumentasi teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problem yang mana problem ini terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal adapun faktor internal yang dihadapi oleh santriwati Rumah Tahfidz Al-Malik yaitu: rasa malas, mengantuk, lelah dan jenuh, tidak dapat membagi waktu, dan ayat-ayat yang serupa. Sedangkan faktor eksternal yaitu: lingkungan, teman, dan teknologi.Upaya dalam mengatasi masalah menghafal Alquran faktor internal santriwati di Rumah Tahfidz Al-Malik Banggeris Samarinda yaitu dengan cara menumbuhkan semangat diri dan menetapkan target hafalan, mengatur dan membagi waktu dengan baik, mengidentifikasi ayat-ayat yang sulit untuk dihafalkan dan memperbanyak mengulang-ulang hafalan, sedangkan upaya mengatasi masalah dalam menghafal Alquran faktor eksternal yaitu memberikan motivasi kepada santri agar lebih bersemangat lagi seperti niat awal dan membatasi interaksi santriwati dengan lingkungan sosialnya, mengatasi mengikut teman yang sudah keluar dengan cara mengingat kembali tujuan dan niat awal masuk dalam Rumah Tahfidz ini sehingga tidak terpengaruh dengan teman-teman yang keluar, selalu fokus untuk proses menghafal dan menggapai cita-cita, pembina meningkatkan pengawasan terhadap santri agar tidak terjadi bully di Rumah Tahfidz.memberikan bimbingan, pembinaan secara intens dan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPROBLEMATIKA DALAM MENGHAFAL AL- QUR’ANen_US
dc.titleProblematika Dalam Menghafal Al- Qur’an di Rumah Tahfidz Al- Malik Banggeris Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record