Usaha Guru BK Dalam Mengatasi Anak Broken Home
Abstract
ABSTRAK
Indah Pramuswari, 2019. “Usaha Guru BK Dalam Mengatasi Anak Broken Home (Studi kasus MAN 1 Samarinda). Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Zurqoni, M. Ag dan Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.SI Latar belakang penelitian ini adalah membahas peranan guru BK dalam mengenali anak - anak yang memiliki latar belakang keluarga Broken Home. Broken Home di sini maksudnya adalah kelurga yang sudah tidak harmonis lagi (tidak berpisah/tidak bercerai). Terjadinya Broken Home disebabkan oleh pertengkaran, perselingkuhan dan kekerasan terhadap anak. Biasanya anak menjadi korban dari ketidak harmonisan keluarga tersebut. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui apa saja bentuk permasalah yang di hadapi anak Broken Home dan untuk mengetahui sejauh mana usaha bimbingan konseling dalam mengatasi anak Broken Home. Sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, karena peneliti ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, yaitu mengenai usaha guru bk dalam mengatasi anak Broken Home. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bimbingan dan konseling di sekolah sudah berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Bimbingan dan konseling di sekolah melibatkan semua staff guru pengajar. Tetapi, wali kelas jarang mengatahui peserta didiknya mengalami masalah latar belakang keluarga Broken Home. Pendekatan yang dilakukan guru BK dalam mengatasi anak Broken Home dengan mangajak mereka berdiskusi serta mencarikan jalan keluar yang tepat untuk masalah yang dihadapi.