Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola AB-AB Melalui Media Puzzle Pada Kelompok A Pendidikan Anak Usia Dini Rasyiqah Samarinda Tahun 2019/2020
Abstract
ABSTRAK
Harisa. US, 2020. “Peningkatan Kemampuan Mengenal Pola AB-AB Melalui Media Puzzle Pada Kelompok A Pendidikan Anak Usia Dini Rasyiqah Samarinda Tahun 2019/2020”. Skripsi program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Suratman, M.Pd dan ibu Sunanik, M.Pd.I Penelitian ini dilatar belakangi dengan melihat kondisi perkembangan kognitif anak kelompok A PAUD Rasyiqah, khususnya dalam kemampuan mengenal pola AB-AB, anak kelompok A masih banyak yang belum mengenal pola AB-AB, Hal tersebut dapat dilihat saat peneliti melakukan pra tindakan dangan hasil 28% anak dapat mengulangi pola berdasarkan contoh, 21% dapat memperkirakan pola berikutnya, dan 36% anak dapat melengkapi pola, total keseluruhan kemampuan kognitif anak 28% dengan kriteria keberhasilan belajar sangat rendah (kurang) dari kriteria ketuntasan minimal yaitu 80%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal pola AB-AB melalui media puzzle pada anak kelompok A pendidikan anak usia dini samarinda tahun 2019/2020. Jenis penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak kelompok A PAUD Rasyiqah yang berjumlah 14 orang. Prosedur penelitian yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis penelitian ini menggunakan statistik sederhana yaitu rumus mean dan persentase. Setelah hasil yang diperoleh, data tersebut ditampilkan dengan rentang nilai dan diklasifikasikan ke dalam Berkembang Sangat Baik (BSB), Berkembang Sesuai Harapan (BSH), Mulai Berkembang (MB), Belum Berkembang (BB) dan tingkat persentase keberhasilan Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan nilai persentase peningkatan kemampuan kognitif anak pada pra tindakan adalah 28% termasuk krikteria keberhasilan kurang atau belum berkembang (BB) dengan nilai rata-rata 1,75, siklus I adalah 54% termasuk kriteria keberhasilan cukup atau mulai berkembang (MB) dengan nilai rata-rata 2,45, siklus II adalah 81% termasuk kriteria keberhasilan sangat baik atau berkembang sangat baik (BSB) dengan nilai ratarata 3,18. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola pada kelompok A Pendidik Anak Usia Dini Rasyiqah.