dc.description.abstract | ABSTRAK
Muhammad Tholib, 2020. “Model Pembelajaran Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan di MTs Al-Mujahidin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Syeh Hawib Hamzah, S.Ag, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Wildan Saugi, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realita yang terjadi di lingkungan sekolah. Dimana lingkungan sekitar MTs Al-Mujahidin Samarinda sangat bersih, tidak di temukan sampah atau daun-daun yang berserakan, banyak juga pepohonan rindang dan tanaman-tanaman bunga. Salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut adalah pola pendidikan islam yang diterapkan disekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola pendidikan islam dalam mengembangkan karakter peduli lingkungan di MTs Al-Mujahidin Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan berdasarkan tempat penelitian termasuk penelitian lapangan (field research). metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung kepada responden, adapun yang menjadi responden atau sumber data adalah Kepala sekolah MTs Al-Mujahidin Samarinda, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, dan Guru PAI. Sedangkan Langkah dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran pendidikan islam yang diterapkan di MTs Al-Mujahidin Samarinda adalah dengan pembelajaran tilawah, ta’lim, tadrib, tazkiyah dan ta’dib. Maka hasil dari upaya tersebut adalah kebiasaan baik dalam keseharian siswa, seperti menggunakan air secukupnya, memadamkan listrik jika tidak di perlukan lagi, menata kendraan dengan rapi, membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan dan saling menolong dalam hal kebaikan. | en_US |