Analisis Perkembangan Nilai-Nilai Agama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Lagu Islami di TK Noble Kidz Samarinda
Abstract
ABSTRAK
AMALIA MUCHSINUN. “Analisis Perkembangan Nilai-Nilai Agama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bernyanyi Lagu Islami di TK Noble Kidz Samarinda”. Skripsi, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr.Hj. Robingatin M.Ag sebagai pembimbing I dan Ibu Nurwati, M.Pd sebagai pembimbing II. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah pentingnya nilai-nilai keagamaan pada program PAUD sebagai pondasi agama bagi anak. Nilai-nilai agama akan tumbuh dan berkembang pada jiwa anak melalui proses pendidikan dan pengalaman yang dilaluinya sejak kecil. Akan tetapi, seiringi perkembangan zaman dunia anak seperti dunia orang dewasa. Banyak anak yang sedari dini menyanyikan lagu yang tidak sesuai usianya. Bahkan orang tua pun ikut andil, memberikan akses sehingga banyak anak zaman sekarang lebih hafal lagu orang luar tanpa memahami isi lagu tersebut. Hal tersebut mempengaruhi perkembangan nilai-nilai agama karena lagu-lagu yang mereka nyanyikan. Permasalahan ini tidak boleh berkelanjutan agar nilai-nilai agama tidak pudar dimakan zaman sehingga peneliti perlu mengangkat permasalahn ini sebagai judul penelitian. Tujuan untuk mengetahui perkembangan nilai-nilai Agama anak usia 5-6 tahun melalui metode bernyanyi lagu Islami di TK Noble Kidz Samarinda Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas TK B. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa salah satu cara alternatif mengembangan nilai-nilai agama anak di TK Noble Kidz yaitu dengan metode bernyanyi melalui lagu Islami. Kegiatan bernyanyi tersebut dilakukan setelah berdoa dipagi hari sebelum memasuki kegiatan belajar. Kegiatan bernyanyi sebagai pembiasaan yang dapat membuat anak merasa senang dan mood menjadi ceria. Perasaan senang yang timbul karena bernyanyi memberikan dampak bagi perkembangan anak. Lagu-lagu islami yang diberikan dapat mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal pencipta-Nya, sikap dan perilaku yang baik kepada manusia, serta kemampuan anak menyanyangi dan memelihara hewan dan tumbuhan.