Pengaruh Kemampuan Memahami Kitab Kuning Terhadap Pemahaman Materi Agama Islam di MA Sabilarrasyad Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Jamhuri, 2020 “Pengaruh Kemampuan Memahami Kitab Kuning Terhadap Pemahaman Materi Agama Islam di MA Sabilarrasyad Samarinda” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda, penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M.Ag Selaku pembimbing I dan H. Susanto, Lc, M. Pd. I selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa pondok pesantren Sabilarrasyad mengadakan kitab kuning dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sebagai salah satu pedoman pemahaman materi agama Islam. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi dan peran pondok pesantren Sabilarrasyad dengan adanya kitab kuning dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda yang berjumlah siswa 248 siswa dan sampel sebanyak 71 responden dengan menggunakan Teknik proportional stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dan Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment dan uji t. Hasil yang diproleh dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa terdapat pengaruh kemampuan memahami kitab kuning terhadap pemahaman materi agama Islam siswa Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda sebesar 0,183. Nilai ini termasuk dalam kategori signifikan sangat rendah. Apabila variabel X lebih besar dari pada t tabel maka Hipotesis diterima. t tabelnya 1,660 lebih besar dari pada signifikan 0,183 berarti saling mempengaruhi variabel. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes angket. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penulis menemukan adanya pengaruh kemampuan memahami kitab kuning terhadap pemahaman materi agama Islam siswa di Madrasah Aliyah Sabilarrasyad Samarinda.