dc.description.abstract | ABSTRAK
Deby, “Persepsi Guru Terhadap Perilaku Siswa di SMA Negeri 4 Samarinda. Skripsi Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Bahrani, M. Pd dan Ibu Amalia Nur Aini, M. Pd.
SMA Negeri 4 Samarinda salah satu lembaga pendidikan formal yang banyak diminati oleh masyarakat kalangan menengah dan merupakan salah satu lembaga yang di favoritkan di Samarinda. Setiap sekolah mempunyai siswa yang berlatar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda begitu juga dengan perilaku yang dimiliki siswa. Perilaku siswa harus menjadi perhatian yang cukup ekstra karena nantinya bagaimana siswa bersikap dan berperilaku dalam masyarakat luas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap perilaku siswa mereka bahwa menurut guru yang paling merepotkan dan yang sering ditunjukkan siswa seperti datang terlambat, pakaian seragam tidak sesuai aturan sekolah, tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, menggunakan handphone ketika jam pelajaran, dan siswa masuk jam pelajaran tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan. Bentuk perilaku yang harus siswa miliki sebagai berikut: 1) Perilaku Religius, 2) Perilaku Kesopanan, 3) Perilaku Disiplin atau Kedisiplinan, 4) Motivasi Belajar, 5) Tolong Menolong.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada disekolah ini karena jumlah populasi tidak besar dari 100 responden, maka peneliti mengambil 100% jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 46 orang responden Teknik pengumpulan data yaitu mendeskripsikan hasil wawancara dengan wali kelas serta guru bimbingan konseling, mendeskripsikan hasil angket siswa dan dokumentasi catatan siswa yang melakukan pelanggaran di sekolah. Dan teknik analisis data menggunakan rumus Persentasi dan rumus Mean.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teknik pengumpulan data dan teknik analisis data tersebut diatas bahwa rata-rata perilaku siswa SMA Negeri 4 Samarinda adalah 4,53. Hal tersebut dikonsultasikan dengan tabel interpretasi persepsi berada pada interval 4,0 - 5,0. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap perilaku siswa di sekolah ini sangat baik. | en_US |