Strategi Sosialisasi Dalam Upaya Meningkatkan Penghimpunan Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur
Abstract
ABSTRAK
Edy Setiawan, 2020, “Strategi Sosialisasi Dalam Upaya Meningkatkan Penghimpunan Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur”. Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M. Hum sebagai pembimbing I dan Dr. H. Muchtar Salam, M. A sebagai pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya potensi zakat di Kalimantan Timur. Lembaga Amil Zakat sangat diharapkan dalam hal pemungutan dan pengelolaan dana zakat, tetapi di lapangan dalam melakukan pengumpulan dana zakat tersebut sering ditemui hambatan oleh Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur yakni persebaran donatur yang tidak merata disetiap kota/kabupaten dan jarak antar kota/kabupaten yang jauh. Oleh karena itu, perlunya mengetahui strategi sosialisasi yang digunakan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi sosialisasi yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur dalam menarik minat masyarakat dalam membayar zakat, serta untuk mengetahui faktor hambatan yang dialami oleh Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur dan manager fundraising di Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi sosialisasi yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Dana Peduli Ummat (LAZ DPU) Provinsi Kalimantan Timur sudah sesuai dengan teori secara konvensional maupun syariat Islam dikarenakan terdapat unsur kebaikan agar dapat berlomba-lomba mendorong masyarakat agar lebih paham dan sadar akan pentingnya zakat. Dalam mengedukasi masyarakat dengan selalu mendorong ummat agar membayarkan zakatnya dengan cara yang inovatif dan komunikatif. Ini dapat dilihat dalam strategi sosialisasinya yakni secara offline dan online. Sehingga, strategi ini dirasa cukup efektif dikarenakan dapat mempengaruhi peningkatan donasi yang diterima setiap tahunnya. Kata kunci: Strategi, sosialisasi, penghimpunan, dan dana.