dc.description.abstract | ABSTRAK
Aswadi Syukur, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Wis Kutai Kartanegara” 2019. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Bapak Bahrani, M. Pd selaku pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M. Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Muara Wis Kutai Kartanegara didapati mengajar di 3 sekolah berbeda, sehingga dalam pembelajaran di kelas membuat kurang maksimal dalam menagajar, selain itu jarak yang ditempuh lumayan jauh. Pada saat pembelajaran guru kurang berinteraksi dengan siswa, guru terpaku pada buku, dan guru kurang mampu mengelola kelas. Hal ini lah yang menjadi acuan peneliti utuk meneliti kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Muara Wis Kutai Kartanegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Muara Wis Kutai Kartanegara.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Wis Kutai Kartanegara yang berjumlah 30 siswa sehingga penelitian ini menjadi penelitian populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Teknik uji validitas data menggunakan uji valid biserial dan uji reliabilitas data menggunakan rumus cronback alpha dan uji reliabilitas biserial. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hipotesis di uji menggunakan rumus uji “t”.
Berdasarkan analisa data penelitian menunjukkan bahwa thitung = 1,210 dan thitung akan dibandingkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansinya 5% dan tingkat derajat kebebasan (db) n-2 = 30-2 = 28, didapatkan nilai ttabel sebesar 2,048. Jika dibandingkan hasil tersebut, maka thitung (1,210) < ttabel (2,048), artinya Ha ditolak dan H0 diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Muara Wis Kutai Kartanegara. Prestasi belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kompetensi profesional guru, akan tetapi banyak faktor lain yang mempengaruhi seperti kompetensi pedagogik guru, kompetensi sosial guru, kompetensi kepribadian guru, dan kompetensi kepemimpinan guru. Selain itu faktor yang yang mempengaruhi tidak adanya pengaruh dalam penelitian ini adalah faktor internal yaitu kemampuan siswa untuk belajar begitu besar sehingga dalam faktor eksternalnya siswa selalu mengadakan belajar bersama di luar sekolah dan didukung dengan kecanggihan teknologi saat ini. | en_US |