Analisis Aspek Perkembangan Anak Melalui Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dari barang bekas di Raudhatul Athfal Al Fath Muhajirin Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Neti Januwati, 2020. Analisis Aspek Perkembangan Anak Melalui Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dari barang bekas di Raudhatul Athfal Al Fath Muhajirin Samarinda”.. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Machmud, M. Ag dan Ibu Lina Revilla Malik, M. Si . Latar belakang penelitian ini adalah media pembelajaran yang digunakan oleh guru tidaklah harus mahal dan sulit didapat, seorang guru harus kreatif dalam memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar lingkungan sekolah maupun lingkungan rumah yang sudah tidak terpakai atau menggunakan barang bahan bekas seperti botol bekas, triplek bekas dan kardus menjadi alat permainan edukatif dalam mengembangkan aspek perkembangan melalui kegiatan bermain dengan menggunakan alat permainan edukatif dan barang bekas. Pemanfaatan barang bekas sebagai media pembelajaran bagi perkembangan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui alat permainan edukatif (APE) dapat menstimulasi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualititif dengan teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan mewancarai kepala sekolah dan guru kelas B. Observasi dilakukan dengan mengamati secara langsung saat guru kelas melakukan kegiatan dan dokumentasi diperoleh dari dokumen sekolah seperti profil sekolah, data guru, pendidik, serta sarana prasarana. Jumlah siswa di kelas A sebanyak 12 orang . Teknik analisa data mengggunakan reduksi data, penyalianan data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan alat permainan edkatif (APE) dari barang bekas dapat menstimulasi perkembangan pada anak diantaranya pada Agama dan moral, anak terbiasa mengucapkan doa sebelum dan sesudah kegiatan, anak mampu berprilaku baik saat kegiatan berlangsung. Fisik motorik, anak mampu melakukan gerakan menjumput, memegang dan memindahkan tutup botol. Kognitif, anak mampu menyebutkan dan mengurutkan angka 1-10, anak mampu menghubungkan angka pada benda, anak mengklasifikasikan warna. Sosial emosional, anak sabar menunggu giliran, anak mau bekerjasama dengan teman sekelompok, anak berani bertanya dan menjawab pertanyaan, mau mengajak teman bermain. Bahasa, anak mampu menyebutkan huruf abjad, anak sudah mampu melaksanakan 2-3 perintah sederhana, menceritakan pengalaman saat bermain, menyebutkan benda disekitar khususnya yang digunakan dalam kegiatan bermain. Seni, anak mampu mengeksperikan diri dengan menggunakan berbagai media, anak mampu menyanyikan lagu dengan lengkap.