View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pembelajaran Temati dengan Sistem Daring pada Kelas V di SD Islamic Center Samarinda

Thumbnail
View/Open
Khairin Alfi Anggraini.docx (13.48Kb)
Date
2021-01-30
Author
Anggraini, Khairin Alfi
Metadata
Show full item record
Abstract
ABSTRAK Khairin Alfi Anggraini, 2020. “Implementasi Pembelajaran Temati dengan Sistem Daring pada Kelas V di SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M. Pd dan Dwi Nur Aini Dahlan, M. Pd Latar belakang penelitan ini mengangkat pembelajaran dengan sistem daring karena pada saat ini semua pekerjaan guru dilakukan secara online atau daring sehingga semua guru dituntut untuk memahami dan menggunakan teknologi informasi untuk kelangsungan proses pembelajaran, ada beberapa guru di SD Islamic Center Samarinda yang tidak memahami teknologi informasi atau media pembelajaran, sehingga dapat menyulitkan rekan kerja atau sesama guru saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik dengan sistem daring, mengetahui faktorfaktor yang menghambat pembelajaran daring, dan kiat-kiat guru dalam meminimalisir hambatan pembelajaran daring di SD Islamic Center Samarinda. Metode penelitan ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari narasumber yang diamati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas V SD Islamic Center Samarind. Teknik analisis data dalam hal in yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian implementasi pembelajaran tematik dengan sistem daring pada kelas V di SD Islamic Center Samarinda yaitu guru memberikan informasi pembelajaran yang akan dipelajari melalui aplikasi, guru memberikan link video di aplikasi edmodo diakhir pembelajaran guru memberikan evaluasi pada aplikasi quizizz, dan yang menghambat pembelajaran daring guru yang tidak paham teknologi, jaringan, bimbingan orang tua, pengumpulan tugas tidak tepat waktu, sehingga guru berusaha meminimalisir dhambatan dengan cara home visit, dan guru membagi tugas pekerjaan.
URI
http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/924
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Gurus Madrasah Ibtidaiyah [234]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV