dc.description.abstract | ABSTRAK
Yurika Nur Hidayah, 2020. “Strategi Dakwah Lembaga Pengembangan Potensi Pelajar (LP3) Al-Kahfi Samarinda dalam Memengaruhi Religiusitas Remaja. Skripsi, Jurusan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Sy. Nurul Syobah, M.Si dan Rudy Hadi Kusuma, M.Pd. Dewasa ini telah terjadi berbagai penyimpangan dan perubahan, sehingga menyebabkan problematika sosio-kultural semakin kompleks khususnya di kalangan remaja. Hal ini karena remaja sedang mengalami krisis identitas diri, masih memerlukan bimbingan dan lingkungan yang positif guna membentuk jati dirinya. Oleh karena itu, dakwah menjadi solusi yang tepat untuk menyelesaikan berbagai permasalahan remaja khususnya yang berakar dari lemahnya religiusitas. LP3 Al-Kahfi Samarinda merupakan lembaga dakwah yang berusaha memengaruhi religiusitas remaja dengan melakukan pembinaan, menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui berbagai kegiatan dan memfasilitasi lingkungan yang positif untuk remaja di Kota Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implementasi strategi dakwah LP3 Al-Kahfi Samarinda dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dakwahnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi sosial. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan berlandaskan teori Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bentuk implementasi strategi dakwah LP3 Al-Kahfi Samarinda dalam memengaruhi religiusitas remaja sangat erat kaitannya dengan manajemen dakwah, yang diimplementasikan dalam empat tahapan (1) Planning: melalukan berbagai analisa untuk menunjang dakwah. (2) Organizing: menyusun kegiatan agar menarik, membentuk PlanActions sebagai inovasi dari media dakwah, pengelompokan tugas dan tanggung jawab kepada SDM yang tersedia. (3) Actuating: pelaksanaan dakwah diimplementasikan melalui berbagai kegiatan yang akan memengaruhi dimensi religiusitas mad‟u sesuai teori Stark dan Glock, menggunakan metode bilhikamah, mau‟izhah dan mujadalah. Lembaga ini menekankan pada pendekatan, menyentuh hati mad‟u dan selalu membuka ruang diskusi, sehingga jenis strategi dakwah yang digunakan adalah sentimental dan rasional. (4) Controlling: dilaksanakan secara rutin dua minggu sekali, pembahasan di dalamnya terkait hasil dari kegiatan yang telah terlaksana dan rencana lembaga ke depannya. Adapun hasil penelitian terkait dengan faktor pendukung dan penghambat dakwah LP3 Al-Kahfi Samarinda, berasal dari internal dan eksternal lembaga.
Kata Kunci: Strategi Dakwah, Religiusitas, Remaja. | en_US |