Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda
Abstract
Siti Mardiyah, 2019.Pengaruh Penerapan Metode Ummi Terhadap Kemampuan Membaca Alquran Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Hj. Noorthaibah, M. Ag dan Imroh Atul Musfiroh, M. Pd.I
Latar belakang penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan model pembelajaran membaca Alquran menggunakan metode Ummi pada siswanya,metode Ummi ini diterapkan pada tahun 2017 hingga sekarang. Karena metode Ummi merupakan salah satu metode yang pembelajarannya mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Selain itu, metode Ummi ini juga menekankan kemampuan membaca Alquran siswa secara tartil dengan menggunakan lagu rostdengan dua nada, nada tinggi dan nada rendah sehingga siswa mudah memahami dan menyenangkan dalam membaca Alquran dan Metode Ummi memiliki 7 tahapan pembelajaran yang harus dilakukan sehingga pemahaman yang didapatkan oleh siswa sesuai dengan harapan
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun populasiDalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa-siswi di MTs Darussalam Samarinda yang berjumlah 202 orang siswa. Yang terdiri dari Kelas VII, VIII dan IX.Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 45 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan yang bertujuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, angket atau kuisioner dan tes membaca Alquran. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product momentdan di uji hipotesis dengan rumus uji t.
Dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil perhitungan korelasi product momentdiperoleh angka sebesar 0,563 angka tersebut berada dalam interval antara 0,40-0,599berskala interpretasi, angka tersebut berkategori “CUKUP”. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis alternatif Ha diterima yang berbunyi terdapat pengaruh yang singnifikan antara penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Samarinda. Dari hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 4,468dan thitungakan di intrepetasikan dengan nilai ttabelpada taraf signifikansi 5% dan tingkat derajat kebebasan (dk) n-2= 45-2 = 43, didapatkan ttabel 1,681. Maka dapat disimpulan bahwa thitung > ttabel yang berarti Ha diterima. Dan besar pengaruhnya sebesar 31,69%. Berarti pengaruh penerapan metode Ummi terhadap kemampuan membaca Alquran siswa di Madrasah Tsanawiyah DarussalamSamarinda memiliki hubungan sebesar 31,69%. dan sisanya 68,31% masih bekorelasi dengan variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.