Pengaruh Shalat Dhuha Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
IKE DIA PRASTIWI, (2019) “Pengaruh Shalat Dhuha Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zurqoni, M.Ag selaku pembimbing I dan Siti Julaiha, M.Pd selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah SMK Negeri 4 Samarinda merupakan sekolah kejuruan yang tidak berlatarbelakang agama namun mencerminkan suasana keagamaan yang tidak kalah jauh dengan sekolah berasrama (boarding school) atau sekolah yang berlebel Islam terpadu. Hal ini dibuktikan dengan memasukkan shalat dhuha ke dalam program rutin sekolah yang diwajibkan bagi seluruh siswa. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual siswa SMK Negeri 4 Samarinda Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa SMK Negeri 4 Samarinda yang berjumlah 349 siswa dan sampel sebanyak 78 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis kolerasi product moment dan juga uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMK Negeri 4 Samarinda sebesar 0,523 apabila diinterpretasikan dengan tabel r berada diantara (0,40-0,59) berarti tingkat pengaruhnya sedang. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansi menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung = 6,353 > ttabel = 1,665 sehingga Hα diterima bahwa terdapat pengaruh shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMK Negeri 4 Samarinda. Kontribusi shalat dhuha terhadap kecerdasan spiritual siswa sebesar 27,3% sedangkan sisanya 72,7% dipengaruhi oleh variabel lain.